Masih ngambang tentang SKD? Yuk, simak info berikut ini!

Ditulis pada 22 Maret 2024 oleh kedinasan.id - dilihat 152x
...

Hai teman-teman pejuang sekolah kedinasan! Sudah siapkah kalian untuk ikut seleksi sekolah kedinasan? Nah, kali ini kita akan bahas tentang SKD ini, siap-siap ya!

Jadi gini, tahun 2024 nih, Pemerintah RI mengalokasikan sebanyak 6.027 formasi di sekolah kedinasan. Keren banget kan! Nah, lulusannya nanti bisa diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN), loh.

Tapi sebelum bisa jadi mahasiswa, taruna, atau praja di sekolah kedinasan, kita harus melewati beberapa tahapan seleksi dulu. Salah satunya adalah SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar.

Apa itu SKD di Sekolah Kedinasan? SKD ini adalah tes berbasis komputer yang diujikan kepada calon mahasiswa, taruna, dan praja sekolah kedinasan. Tes ini berguna untuk menggali pengetahuan, keterampilan, sikap, dan perilaku kita terkait dengan wawasan nasional, regional, dan internasional.

SKD ini terdiri dari beberapa tes, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Nah, menurut Keputusan Menteri PANRB RI No. 137 Tahun 2023, SKD ini akan berlangsung selama 100 menit.

Dalam SKD ini, setiap jenis tes memiliki bobot dan nilai ambang batas yang berbeda, lho. Misalnya, untuk TIU dan TWK, nilai jawaban benar adalah 5, dan untuk jawaban salah atau tidak menjawab bernilai 0 sedangkan untuk TKP, jawaban benar memiliki nilai antara 1 sampai 5 dan untuk jawaban kosong bernilai 0.

Oiya, ada nilai ambang batas juga, nih. Berdasarkan keputusan Menteri PANRB RI, berikut nilai ambang batas SKD sekolah kedinasan:

  • TWK: 65
  • TIU: 80
  • TKP: 156

Nah, buat teman-teman yang mendaftar melalui jalur afirmasi, nilai kumulatif SKD minimal harus mencapai 281 dan nilai TIU minimal adalah 55.

Ayo semangat menyiapkan diri untuk mengikuti SKD sekolah kedinasan tahun 2024! Yuk, kita bersiap-siap dan berjuang untuk meraih impian kita menjadi bagian dari sekolah kedinasan yang keren ini! Semangat!

API Image ×